Kamis, 22 Desember 2011

Fungsi dan keunggulan Repeater, Hub, Switch, Bridge,Router..??

1. REPEATER

- Fungsinya untuk menerima dan mengirim sinyal ulang dalam sebuah perangkat elektronik pada tingkat yang lebih tinggi dari suatu halangan sehingga sinyal bisa ditangkap lebih jauh. Selain itu repeater juga berfungsi untuk memulihkan isyarat yang agak cacat dan digunakan pada jaringan bertopologi Bus atau cincin untuk memperpanjang jaringan.
- Keunggulannya untuk menguatkan sinyal HP dan mengurangi drop call signal stabilizer design.



2. HUB
Pada jaringan bertopologi star hub adalah perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik bergabung menjadi satu jaringan.
- Fungsinya untuk menghubungkan peralatan peralatan dengan serat optok sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan.
- Keunggulanya yaitu mengulang sinyal yang masuk keseluruh port yang ada pada hub.

3. SWITCH

- Fungsinya untuk penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MSC.
- Keunggulannya  mamou bekerja secara full-duplex yang artinya mampu menerima dan mengirimkan data pada saat yang bersamaan.



4.Bridge
- Fungsinya untuk menghubungkan dua buah LAN yang bertopologi berbeda misalnya ring & bus dan berfungsi untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan didalam lapisan data link pada model OSI.
- Keunggulannya adalah menjadikan lalu lintas lokal masing - masing jaringan tidak saling berpengaruh karena dapat memisahkan antar jaringan / memang tidak ada permintaan hubungan dari satu jaringan ke jaringan lain.




5. ROUTER
- Fungsinya untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya.
- Keunggulannya adalah melindungi jaringan anda dari pemakai - pemakai yang tidak berhak dengan cara membatasi akses terhadap data anda dan dapat menghubungkan LAN kesebuah layanan telekomuniksi seperti halnya telekomunikasi leased line sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan.



 






 





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar