Rabu, 07 Desember 2011

Perbedaan OS Sun, Linux, MacOS, dan Free BSD

# SUN
Sun solaris merupakan nama lain dari orcle solaris adalah sistem operasi keluarga UNIX. Sun dikenal sebagai Oracle solaris mempunyai fitur seperti dibawah ini :
- ZFS ( Zettabyte File System )
- DT race
- Timer slider

# Linux
Linux adalah hasil pengembangan sistem operasi Unix modular. Linux diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds.
Linux digunakan oleh perusahan'' komputer ternama seperti intel, dell, hewlett-packard, IBM, Novell, oracle corporation, red hat dan sun microsystem. Linux bisa digunakan sebagai sistem operasi perangkat keras komputer, termasuk komputer dekstop, superkomputer, dan sistem benam. Linux menggunakan kernel monolitik, kernel linux yang menangani kontrol proses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas.



# MacOS
Macintosh Operating System adalah kepanjangannya merupakan OS yang dibuat oleh Apple computer dan tidak kompotibel dengan PC berbasis IBM yang diperkenalkan tahun 1984. Versi terbarunya adalah MacOS X dari sistem operasi MacOS untuk komputer machintos. Karakter X adalah nomor romawi yang berarti 10 dimana versi ini adalah penerus sistem operasi yang digunakan seperti MacOS 8 dan MacOS 9.


# Free BSD
Adalah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari Unix AT & T lewat cabang Berkeley Software Distribution ( BSD ). Free BSD merupakan turunan dari berkeley Unix tetapi freeBSD tidak bisa dipanggil sebagai Unix.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar